Langsung ke konten utama

Maraknya Plagiasi di Kalangan Mahasiswa



Maraknya Plagiasi di Kalangan Mahasiswa
Ulfa Setyawati
P17110174086
DIII GIZI. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
setyawatyulfa@gmail.com
google.com
                                                    

Pada jaman sekarang ini plagiasi dalam mahasiswa marak sekali dikarenakan mereka dengan sangat mudah mengcopy dan mempaste materi atau jurnal yang berada dalam internet. Contohnya saat mahasiswa mendapatkan tugas untuk membuat suatu makalah tidak mungkin seorang siswa hanya mencari dengan sebuah penelitian tetapi harus ada referensi baik dari buku maupun internet. Tetapi mahasiswa malah menyalahgunakan internet sebagai media plagiarisme. Sebenarnya seorang penulis tidak mengapa jika menggunakan tulisan mereka untuk bahan materi, tetapi harusnya pengguna mengutip tulisan dengan menggunakan nama penulis.
Menurut Wikipedia, Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. Singkat kata, plagiat adalah pencurian karangan milik orang lain. Dapat juga diartikan sebagai pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain yang kemudian dijadikan seolah-olah miliknya sendiri. Setiap karangan yang asli dianggap sebagai hak milik si pengarang dan tidak boleh dicetak ulang tanpa izin yang mempunyai hak atau penerbit karangan tersebut.Sesudah 2 × 24 jam berita surat kabar tersiar, maka seseorang dapat mengambil alih dengan syarat harus menyebutkan sumbernya.
Adapun beberapa faktor yang menyebabkan plagiarisme masih terjadi di kalangan mahasiswa adalah:
1. Kurangnya pengetahuan tentang aturan penulisan karya ilmiah.
2. Penyalahgunaan tehnologi.
3. Sanksi belum ditegakkan secara tegas
4. Hanya menginginkan nilai bagus
5. Tidak percaya diri
6. Kemalasan pada diri mahasiswa.
Melihat dari faktor – faktor yang menyebabkan plagiarisme tetap berlangsung di kalangan mahasiswa, ada beberapa hal yang harus diperhatin untuk mengurangi plagiarisme tersebut, yaitu:
1. Mempelajari tata cara penulisan karya ilmiah
2. Tindakan yang tegas bagi para pelaku plagiat
3. Menanamkan moral pada masing – masing pribadi
4. Meluruskan tujuan mengerjakan tugas
Untuk memberantas plagiarisme diperlukan adanya kerjasama yang baik antara masyarakat sekitar dengan penegak hukum (Madura Kacong 2008)
Berdasarkan pengakuan mahasiswa angkatan 2014 pada salah satu PTN di Kota Malang dalam menulis makalah, mengacu pada klasifikasi plagiarisme ringan (<39%), sedang (4069%), berat (7089%), sangat berat (>90%), ditemukan 63,6% mahasiswa melakukan plagiarisme sangat berat, 33,3% berat, dan 3,0% sedang. Pengakuan lain dari mahasiswa salah satu PTN di Kota Malang angkatan 2014, ditemukan pengakuan 69,23% melakukan plagiarisme  sangat berat, 15,38% berat,  10,25% sedang, dan  5,12% tidak menjawab (Widiyartono Didin 2015). Jadi dapat disimpulkan plagiarisme ini sering terjadi di kalangan mahasiswa khususnya di Kota Malang sendiri.
Daftar Pustaka
Madura, K. (2008, April). Blogspot. Retrieved November 2017, from blogspot.co.id: http://kacong-kacongmadura.blogspot.co.id/2008/07/fenomena-plagiarisme-di-kalangan.html
Widyartono, D. (2015). MODEL PEMBELAJARAN MENULIS KUTIPAN BERBASIS BLENDED LEARNING. www.researchgate.net.
Wikipedia. (n.d.). Retrieved November 2017, from id.wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artis Hijabers ask.fm

STYLE HIJAB : ARTIS ask.fm AULIA ZAHIRA yang katanya mirip Adiba Khanza Stylenya KECE abis! Yuk intip style ala Aulia Zahira. Alza katnya diasih lahir tanggal 15 November tapi gatau taun berapa:v.  Yuk deh langsung cek gimana model style Alza. Alza terlihat funny dengan paduan warna pastel. atasan outer berwarna kuning pastel dan bawahannya celana berwarna peach. kamu juga bisa coba outfit ala alza ini. Pas banget kalo buat jalan keluar bareng temen - temen. Alza telihat feminim banget nih karena dia pake rok span.kamu juga bisa pake rok span biar kelihatan feminim:)  Atau kamu mau pergi hangout sama teman - temanmu bisa kok. Cukup dengan atasan Sweater, Celana Jens dengan atasan Pashmina jadi deh siap untuk berangkat hangout sama teman - temanmu.            Foto diatas aku download dari berbagai macam sumber mulai dari Google, Instagram sampe Askfmnya Aulia Zahira, Kalo mau lebih tau alza cek aja askfmnya http://ask.fm/auliazahiraa. Atau cek Ins

Pengaruh ASI Esklusif Terhadap Tumbuh Kembang Bayi

google.com google.com google.com PENGARUH ASI ESKLUSIF TERHADAP TUMBUH KEMBANG BAYI Ulfa Setyawati P17110174086 DIII GIZI. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang setyawatyulfa@gmail.com Abstrak: Air susu ibu adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat (Wikipedia). Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. ASI adalah makanan bayi yang paling penting terutama pada bulan-bulan pertama kehidupan. Sedangkan memberikan ASI secara eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan akan menjamin tercapainya pengembangan potensial kecerdasan anak secara optimal. Hal ini karena selain sebagai nutrien yang ideal dengan komposisi yang tepat serta disesuaikan dengan kebutuhan bayi, ASI juga mengandung nutrisi khusus yang diperlukan otak bayi agar tumbuh optimal (Utami Roesli, 2004). Program ASI eksklusif yang dicanangkan oleh Dep